• Lokasi Gracia Skin Clinic (Jl. Pandanaran I No. 29A, Semarang 50134)

  • dr. Lewie Suryaatmadja, SPKK (K) dan tim Perawat

  • Ruang VIP Gracia Skin Clinic

  • Ruang Tunggu Gracia Skin Clinic

  • Ruang Konsultasi Gracia Skin Clinic

  • Ruang Perawatan Gracia Skin Clinic

  • Ruang Operasi

  • Dr Lewie Suryaatmadja, SpKK (K) dan Tim Admin

Kulit kering

Apakah penyebab Kulit kering ?

Kulit kering merupakan masalah yang sering dihadapi banyak orang, khususnya ketika cuaca dingin dimana udara menjadi kering. Udara kering ini menyebabkan kelembaban kulit menghilang, selanjutnya kulit menjadi pecah dan retak-retak. Daerah yang merekah dan retak-retak dapat mengalami iritasi dan terasa gatal. Ruam kulit kering kadang-kadang berupa bercak-bercak kulit berbentuk bundar, yang menyerupai penyakit jamur kulit (kadas).

 

Bagaimanakah pengobatan Kulit Kering ?

Pengobatan dilakukan dengan cara memberi pelembab pada kulit. Tujuannya untuk memulihkan kelembaban kulit. Air akan melembabkan kulit anda dengan segera, namun kelembaban ini cepat hilang oleh penguapan. Lotion, cream dan salep yang memberikan lapisan pembungkus akan mencegah penguapan air.

 

Menggunakan minyak mandi ( oil bath ) adalah cara yang paling efektif untuk mencegah hilangnya kelembaban kulit. Anda dapat mengoleskan minyak mandi ke kulit atau menambahkan langsung ke air mandi.

Untuk menghindari perasaan berminyak, gunakanlah minyak sedikit saja. Satu sendok teh cukup untuk seluruh badan rata-rata orang dewasa. Bila anda menyukai menggunakan minyak mandi di dalam bak, tambahkan kira-kira satu sendok makan penuh ke dalam air mandi dan berendam selama 10 - 20 menit. Jangan memakai sabun, karena badan anda sudah cukup bersih dengan berendam di dalam bak yang berisi campuran minyak dan air. Sesudah mandi, keringkanlah badan anda dengan handuk, dengan cara ditutul-tutul secara lembut agar minyak mandi yang tertinggal di kulit masih cukup untuk mencegah kehilangan kelembaban kulit anda.

 

Bila tidak suka memakai minyak mandi, anda dapat menggunakan cream pelembab, lotion pelumas, minyak parafin atau vaselin murni.

Setiap pelumas paling baik dioleskan di kulit setelah kulit dibasahi terlebih dahulu dengan air sehingga air akan terperangkap di bawahnya. Hal ini akan menjaga kelembaban kulit anda.

 

Mengobati Ruam Kulit Kering:

Bila kulit kering telah berkembang menjadi ruam yang gatal, pengolesan cream kortikosteroid akan meredakan dengan cepat.  kortikosteroid dioleskan secara tipis-tipis sekali sehari dan dipijat dengan baik. Bila ruam telah membaik, pemakaian kortikosteroid dijarangkan. Kadang-kadang ruam cukup parah sehingga diperlukan obat minum.

 

Sabun yang mengandung detergen berakibat buruk untuk kulit kering. Sabun akan mengangkat minyak di kulit, padahal minyak diperlukan untuk menjaga kelembaban. Jika ingin menggunakan sabun, gunakan sabun dengan kadar pelembab yang tinggi dibandng sabun biasa, atau sabun tanpa detergen 

 

Orang-orang berkulit kering dapat mandi rendam atau mandi bersiram dua kali sehari, namun jangan lebih sering, karena akan terlalu mengeringkan.

 

Ingat akan dua hal:

Sabun jangan dipakai pada daerah kulit kering.

Lumasilah kulit anda menggunakan salah satu dari metoda-metoda yang diuraikan dalam lembaran ini.

 

Pengendalian jangka panjang:

Kulit kering biasanya merupakan masalah jangka panjang yang sering kambuh, khususnya di musim dingin.

Bila anda melihat kulit mengering kembali, mulailah lagi melumasi kulit secara rutin dan hindari sabun dengan detergen , gunakan sabun dengan pelembab tinggi. Bila ruam kulit kering yang gatal muncul kembali, gunakan pelumasan rutin dengan cream atau salep kortikosteroid yang diberikan kepada anda.

 

by Dr Ridha S, SpKK

 

 

<< Back to News & Articles